Cara Melepas dan Memasang Ban Dalam dan Ban Luar Mobil
Melepas
ban atau membongkar ban dari pelek kadang dibutuhkan ketika terjadi kebocoran
pada ban, atau ketika mengganti ban dengan yang baru, maupun merubah posisi ban
yang terkikis pada satu sisinya. Dan
ketika melepas ban atau memasang ban harus mengikuti prosedur atau dengan cara
yang benar, karena jika tidak justru akan merusak ban itu sendiri atau bahkan
merusak komponen-komponen yang ada pada roda. Melepas dan memasang ban, baik
ban dalam maupun ban luar sebetulnya tidak terlalu sulit dan semua bisa
melakukannya.
Dengan
mengetahui cara atau prosedur melepas dan memasang ban, maka kita dapat melakukan
sendiri sewaktu-waktu ban mobil mengalami masalah dan jauh dari bengkel. Lalu
bagaimana cara melepas dan memasang ban dalam dan ban luar mobil? Berikut ulasannya..
Cara
Melepas Ban Dalam dan Ban Luar dari Mobil
Dalam
melepas ban dalam mobil harus memperhatikan prosedur berikut ini, lakukan
pelepasan ban dengan hati-hati agar tidak merusak rim roda mobil. Caranya
adalah sebagai berikut:
- Rim dan ban mobil harus dalam kondisi yang bersih, kering dan dalam keadaan yang baik. Dan jika perlu lepaslah pemberat balancing jika ada pemberat balancing pada ban mobil tersebut. kemudian hal yang perlu diperhatikan adalah cek ban dan tread dari kerusakan, cek juga rim dan bead dari kerusakan atau perubahan bentuk. Untuk pelek racing dari bahan alumunium alloy sebaiknya dicek terlebih dahulu kerataan pada bagian sisi ring.
- Sebelum melepas ban, sebaiknya angin harus dikeluarkan dari ban dengan cara melepas katup pentil. Pastikan semua angin keluar dari ban dan ban menjadi kempes.
- Untuk memudahkan melepas ban dari pelek roda, caranya bisa dengan menambahkan sabun colek pada permukaan kontak rim dengan tepi ban dan bila perlu diberi pelumas khusus atau sabun colek yang lebih murah, dengan begitu proses melepas ban dari pelek dapat dilakukan dengan lebih mulus.
- Setelah ban terlepas dari rimnya, kemudian ganti ban dalam dengan ban yang baru, dalam mengganti ban, perhatikan ukurannya. Ukuran ban harus sesuai dengan ukuran rim.
- Untuk membersihkan ban di atas mesin maka jangan memakai air atau udara bertekanan.
Cara
Melepas Ban Dalam dan Ban Luar dari Pelek
Setelah
ban terlepas dari mobil. Maka langkah berikutnya adalah melepas ban luar
tersebut dari pelek dengan cara sebagai berikut:
Pasang
ban yang sudah kempes tadi pada sisi samping mesin penekan atau pemegang.
Posisikan
bilah penekan (nomor 3 pada gambar di bawah ini) dengan cara menggeser handle
(nomor 4) pada sisi samping ban dengan jarak 5 mm dari rim.
Yang
wajib diperhatikan adalah ketika proses pengepresan ban, tangan tidak berada
pada posisi samping ban, karena hal ini sangat berbahaya.
Tekan
pedal (nomor 2 pada gambar di bawah ini) maka bilah penekan (nomor 3) akan
menekan sidewall dengan tekanan yang cukup kuat sehingga kedua posisi pelek
terjepit dengan kuat.
Tempatkan roda di atas mesin, tekan pedal (nomor 3 pada gambar) sampai posisi pelek terjepit dengan kuat.
Posisikan
pengait pelepas ban (nomor 2 pada gambar di bawah ini) pada posisi 2 mm di atas
rim.
Gunakan
sendok ban (nomor 1) untuk mencongkel sisi samping ban dan menepatkan dengan
pengait (nomor 2 pada gambar di bawah ini) hingga pengait masuk ke dalam bead.
Tekan
pedal pemutar (nomor 3), maka mesin akan memutar ban berlawanan arah jarum jam,
sehingga bead akan terlepas dari rim.
Setelah
itu keluarkan ban dalam dari pelek dengan cara menarik secara perlahan-lahan.
Untuk
melepas bead sisi bawah, tempatkan pengait pada rim sisi bawah.
Tekan
pedal (nomor 3), maka mesin akan berputar berlawanan arah dengan jarum jam dan
ban akan terlepas dari peleknya.
Cara
Memasang Ban Dalam dan Ban Luar Pada Pelek
Setelah
pemeriksaan atau penggantian ban selesai, lalu pasang kembali ban pada pelek
dan mobil, caranya adalah sebagai berikut:
Tempatkan
pelek di atas mesin.
Tempatkan ban di atas pelek, lalu masukkan bead ke salah satu sisi samping pelek.
Tempatkan ban di atas pelek, lalu masukkan bead ke salah satu sisi samping pelek.
Tempatkan tuas pemasang pada bead sisi bawah dan tekan pedal pemutar, maka mesin akan berputar searah dengan jarum jam, maka bead bawah akan terpasang pada pelek.
Masukkan ban dalam dan tepatkan pentil/dob pada lubangnya sampai posisi tegak lurus terhadap pelek.
Pasang tuas pengait pemasang, setel posisi tuas 2 mm disisi atas rim.
Tekan pedal pemutar (panah kanan), lalu mesin akan berputar searah dengan jarum jam, secara perlahan ban akan terpasang pada pelek.
Posisikan ban luar terhadap pelek dengan cara menekan sisi bead, maka ban akan tertata rapi pada peleknya.
Pasang kembali katup pentil ban dengan memakai kunci khusus.
Langkah terakhir adalah pompa ban dengan kompresor dengan tekanan yang sesuai dengan spesifikasi mobil.
0 komentar:
Posting Komentar